Ekonomi Pembangunan

  • Visi dan Misi
  1. Visi

“Menjadi lembaga pendidikan dan penelitian yang berkualitas dengan komitmen kepada pengembangan ilmu ekonomi terapan yang bersesuaian dengan kebutuhan masyarakat.”

  1. Misi:
  2. Menyelengarakan pendidikan ilmu ekonomi yang berkualitas melalui pendekatan berfikir kritis, kreatif dan inovatif.
  3. Melakukan penelitian dan kegiatan ilmiah yang berkualitas serta hasilnya dipublikasikan untuk pengembangan ilmu ekonomi.
  4. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat atas hasil penelitian dan pendidikan disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di masyarakat.
  • Kompetensi Kelulusan Jurusan

Kompetensi adalah seperangkat tindakan cerdas, penuh tanggung jawab yang dimiliki seseorang sebagai syarat untuk dianggap mampu oleh masyarakat dalam melaksanakan tugas-tugas di bidang pekerjaan tertentu. Berdasarkan defenisi tersebut, maka kompetensi Jurusan Ekonomi Pembangunan dirumuskan sebagai berikut:

  1. Kompetensi Utama:

“Lulusan Jurusan Ekonomi Pembangunan memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang teori ekonomi sebagai bagian dari ilmu sosial pada umumnya”

Indikator:

  1. Mengerti dan memahami konsep teori ekonomi dan hubungannya dengan ilmu-ilmu sosial yang lain.
  2. Mengerti dan memahami metode analisis ekonomi baik kualitatif maupun kuantitatif dan memahami keterbatsannya.
  3. Mampu menganalisis fenomena ekonomi yang sedang berkembang.

 

Kompetensi Pendukung 1:

“Lulusan Jurusan Ekonomi Pembangunan memiliki kemampuan untuk menjabarkan pemecahan persoalan secara konsepsional-ilmiah ke dalam langkah-langkah operasional”.

Indikator:

  1. Mampu untuk membuat proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  2. Mampu berfikir secara logis dan analisis.
  3. Mampu menyampaikan pemikiran dan idenya secara lisan dan tertulis dengan memanfaatkan tekonologi informasi.

 

Kompetetensi Pendukung 2:

“Lulusan Jurusan Ekonomi Pembangunan memiliki kemampuan komunikasi interpersonal”, indikator:

  1. Menguasai Bahasa Indonesia dengan baik dan benar.
  2. Menguasai Bahasa Inggris secara pasif/aktif.
  3. Memiliki kemampuan berpikir kritis dan analitis.
  4. Memiliki integritas diri dan kemampuan memimpin
  5. Memiliki kemampuan belajar mandiri dan berkelanjutan (learning society).
  6. Mampu menyesuaikan diri di lingkungannya dan dapat bekerja sama dengan orang lain.
  7. Mampu menggunakan ilmu pengetahuan yang diperolehnya untuk hidup mandiri.
  8. Mampu meberikan kontribusi ilmu yang diperoleh bagi pemecahan persoalan lintas disiplin ilmu secara optimal.