Akuntansi

  • Jurusan Akuntansi

  1. Visi

Sejalan dengan Visi Fakultas dan Visi Universitas, maka Visi Jurusan Akuntansi adalah:

Menjadi Jurusan Akuntansi yang Bermutu, Berdaya Saing, dan Setara di Skala Nasional Pada 2027

  • Jurusan Akuntansi yang bermutu merupakan refleksi penyelenggaraan pendidikan yang patuh dan memenuhi standar mutu Pendidikan Tinggi yang ditetapkan dalam sistem penjaminan mutu seperti yang ditetapkan dalam Peraturan Mensitekdikti No 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
  • Jurusan Akuntasi yang berdaya saing mengandung makna bahwa pendidikan yang diselenggarakan Jurusan Akuntansi FEB UPR mampu menghasilkan output berupa alumni yang mampu bersaing dan output karya dosen dari pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat yang setara dengan perguruan tinggi lokal, regional, dan nasional.
  • Setara mengacu pada posisi Jurusan Akuntansi FEB UPR yang sederajat dengan Jurusan Akuntansi lainnya di tingkat Nasional. Hal ini merupakan outcome dari mutu dan daya saing yang telah dicapai.

  1. Misi
  • Penyelenggaraan pendidikan pengajaran akuntansi yang selaras dengan Kerangka Kurikulum Pendidikan Nasional Indonesia (KKNI) melalui kultur akademik yang kondusif;
  • Peningkatan kapabilitas penelitian dan publikasi tenaga pendidik dalam kerangka interaksi civitas akademika;
  • Peningkatan program pengabdian masyarakat melalui kerja sama dengan pihak pemerintah dan/atau swasta yang berkontribusi bagi pemangku kepentingan.

  1. Tujuan
  • Menghasilkan lulusan yang berdaya saing di sektor pemerintahan dan/atau swasta;
  • Menghasilkan penelitian yang layak dipublikasikan di forum ilmiah atau jurnal ilmiah nasional;
  • Menghasilkan model pengabdian sebagai problem solving bagi pemangku kepentingan.

  1. Sasaran
  • Terwujudnya suasana akademik kondusif yang mendukung berbagai aktivitas akademik;
  • Terselenggaranya proses pengajaran yang selaras dengan Kerangka Kurikulum Pendidikan Nasional Indonesia (KKNI);
  • Terwujudnnya lulusan yang kompeten dengan sertifikasi profesi di bidang akuntansi;
  • Tercapainya produktivitas penelitian dan publikasi tenaga pendidik melalui skema kolaborasi menyeluruh;
  • Terwujudnya jejaring kerjasama yang berdampak pada penguatan mutu dan daya saing institusi, tenaga pendidik, dan lulusan.