Update Terkini
recent

Menkeu Minta Akuntan Pertanggungjawabkan Laporan Keuangan

Sejumlah Menteri pagi ini menghadiri rapat kerja nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah 2015. Rakernas tersebut diharapkan dapat mendorong Kementerian atau Lembaga serta Pemerintah Pusat dan Daerah untuk menerapkan pelaporan keuangan berbasis akrual.
Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang PS Brodjonegoro menyatakan, rakernas ini merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya sejak 2008. Pada tahun ini tema rakernas yaitu implementasi akuntansi dan pelaporan Pemerintah berbasis akrual.
"Dengan komitmen kuat Pemerintah mampu menyusun dan menyajikan laporan keuangan berbasis akrual yang berkualitas. Sehingga menjadi alat pertanggungjawaban yang baik. Ini bagus untuk meningkatkan kepercayaan pemerintah apalagi dalam kondisi ekonomi global yang kayak gini," ungkap Bambang di Gedung Dhanapala, Kemenkeu, Jakarta, Jumat (2/10/2015).
Rakernas ini akan dibuka secara resmi oleh Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Darmin Nasution serta dihadiri oleh seluruh Menteri atau Pimpinan Lembaga, Gubernur atau Bupati atau Walikota yang LKPP atau LKPD nya memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).
"Rakernas akuntansi kali ini dihadiri Ketua dan Anggota BPK, Gubernur dan pimpina Lembaga lainnya yang terdiri 903 anggota. Pemerintah akan beri penghargaan pada 207 entitas pelaporan 26 pemerintah provinsi, 149 pemerintah kabupaten, 50 pemerintah kota yang berhasil sajikan laporan keuangan 2014 dengan opini audit WTP," jelas Bambang.
Sumber : Okezone.com